Teknik sambung samping tanaman kakao

Advertisement
advertisement
Teknik sambung samping tanaman kakao

Teknik sambung samping tanaman kakao


Pada usaha budidaya tanaman kakao rakyat, kerapkali diketemukan tanaman kakao yang mempunyai produktivitas rendah. Ada tanaman yang sekian biasanya dikarenakan oleh pemakaian bibit asalan yang didapat dari sumber bibit yg tidak terang asal-usulnya. Bila dilewatkan selalu tumbuh tanaman yang produktivitas rendah itu pasti bakal sangatlah merugikan. Sedang apabila dibongkar serta ditukar dengan tanaman baru (replanting), saat yang diperlukan untuk menanti tanaman mulai berbuah kembali bakal cukup lama.

Untuk menangani permasalahan itu, sekarang ini sudah di kenal tehnik yang bisa melakukan perbaikan produktivitas tanaman kakao tanpa ada mesti lakukan replanting. Tehnik itu di kenal dengan arti tehnik sambung samping tanaman kakao.

Mengetahui sambung samping 

Sambung samping tanaman kakao yaitu tehnik menyambungkan batang atas (entres) yang didapat dari tanaman induk unggul ke batang bawah tanaman kakao yang mempunyai produktivitas rendah. Sambung samping dikerjakan untuk tingkatkan jumlah produksi buah kakao dari tanaman yang pada awal mulanya berbuah amat sedikit. Dengan sambung samping kita bisa melakukan perbaikan produktivitas kebun kakao tanpa ada mesti lakukan pembongkaran serta replanting pada tanaman yang telah ada.

Untuk lakukan sambung samping tanaman kakao, terdapat banyak bagian yang perlu dikerjakan yakni persiapan alat serta bahan, proses tehnik sambung samping, serta perlakuan pasca sambung samping.

Persiapan alat serta bahan 

Bagian pertama yang dikerjakan dalam sambung samping yaitu persiapan alat serta bahan. Alat yang butuh disediakan sangatlah simpel yakni pisau okulasi yang tajam serta bersih, gunting pangkas, gergaji tangan, golok, serta batu asah. Sedang bahan yang dipakai hanya plastik bening serta tali rafia.

Persiapan batang bawah 

Saat sebelum lakukan sambung samping, batang bawah butuh dipangkas serta dipupuk. Pemangkasan dikerjakan supaya fotosintesis tanaman nanti bisa digunakan dengan cara maksimal untuk perkembangan sambungan. Sedang pemupukan dikerjakan untuk tingkatkan kekebalan tanaman pada serangan hama serta penyakit pasca disambung samping. Pemangkasan serta pemupukan dikerjakan dengan cara beriringan yaitu seputar 1 bln. saat sebelum sambung samping dikerjakan.

Persiapan batang atas 

Sesudah batang bawah dipangkas serta dipupuk, langkah setelah itu yang dikerjakan dalam tehnik sambung samping yaitu penyiapan batang atas (entres). Entres didapat dari cabang-cabang tanaman kakao yang mempunyai produktivitas tinggi serta ketahanan pada hama serta penyakit yang kuat. Entres baiknya didapat dari tanaman kakao klon unggul seperti PBC 123 serta BR 25. Entres dapat juga didapat dari tanaman produksi yang penuhi prasyarat diantaranya produktivitasnya tinggi minimum sepanjang 4 th. berturut-turut, tak diserang hama serta penyakit utama tanaman kakao, jumlah biji perbuah diatas 40 butir serta berat biji kering diatas 1 gr per biji.

Cabang-cabang yang dipakai juga sebagai entres yaitu cabang yang masih tetap muda berumur 3 bln. berwarna hijau kecoklatan. Janganlah lupa mengecek entres dari serangan penyakit VSD.

Bila entres didapat dari tempat yang jauh dari tanaman batang bawah, jadi butuh dikerjakan pengemasan spesial supaya entres tetap masih fresh. Cabang-cabang entres yang sudah di ambil mesti dibuang daunnya tanpa ada mengakibatkan kerusakan tangkai daun. Daun dibuang supaya penguapan entres tak terlampau besar. Supaya entres bisa bertahan lama, entres mesti dikemas memakai pelepah daun pisang. Dengan pengemasan yang sekian, entres bisa bertahan sepanjang 4 hari dipejalanan.

Sambung samping tanaman kakao 

Sesudah batang bawah, entres, dan alat serta bahan penyambungan siap, tehnik sambung samping bisa segera dikerjakan. Proses tehnik sambung samping bisa ikuti urutan prosedur seperti berikut :

a. Pembuatan mata entres 

Entres di ambil dari cabang selama ± 15 cm yang mempunyai 2-4 duduk daun. Sisi atas duduk daun inilah yang disebut tempat tumbuh tunas yang bakal jadi batang-batang baru pada tanaman hasil sambung samping. Sisi bawah mata tunas mesti bisa disayat serong seperti tombak selama 3, 0-4, 5 cm serta ujung yang lain dipotong serong selama 2-3 cm bersebelahan dengan potongan sisi bawah kayu mata tunas.

b. Pembuatan tapak sambungan 

Tapak sambungan di buat pada batang pokok di ketinggian pada 45-75 cm dari permukaan tanah. Tapak sambungan di buat dengan bikin 2 torehan vertikal yang sejajar selama 7 – 10 cm dengan jarak 2-3 cm. Torehan itu di buat sampai menyentuh jaringan kayu. Ke-2 torehan lalu dikaitkan dengan torehan horizontal dibagian atasnya. Kemudian, buka kulit yang tertoreh untuk lalu disambungkan dengan entres yang telah di buat.

c. Penyambungan 

Penyambungan dikerjakan dengan memasukan kayu mata tunas yang sudah siap dengan cara perlahan-lahan ke tapak sambungan dengan buka lidah torehan agar sisi potongan tak rusak. Lalu lekatkan entres ke jaringan kayu batang bawah, lantas ikat sambungan dengan tali rafia. Entres yang telah melekat lalu dibungkus memakai plastik bening. Serta biarlah sepanjang 3 minggu.

Perlakuan pasca sambung samping 

Sesudah sambung samping tanaman kakao berusia 3 minggu, buka plastik pembungkus supaya perkembangan mata tunas tak terhalang. Sambungan lalu dipelihara serta dilewatkan tumbuh sampai cukup besar. Bila sambungan telah berusia seputar 6 bln., batang pokok mesti dipangkas supaya tak berlangsung persaingan dengan sambungan. Pemotongan dikerjakan pada jarak minimum 30 cm dari tapak sambungan. Sesudah 18 bln., entres telah tumbuh besar serta mulai menghasilkan buah kakao dengan produktivitas tinggi.
Advertisement
advertisement
Teknik sambung samping tanaman kakao | Fairel Virendra Azzamy | 5

0 komentar:

Post a Comment