Panduan umum ternak bebek

Advertisement
advertisement
Panduan umum ternak bebek

Panduan umum ternak bebek

Ternak bebek sekarang ini makin popular. Keinginan pada daging bebek selalu jadi tambah. Dulu peternak bebek lebih fokus pada produksi telur, sedang daging cuma untuk product samping. Daging bebek dipanen sesudah saat produktifitas bertelurnya habis. Saat ini banyak ternak bebek yang bertujuan pada daging.

Orang-orang umum umumnya berasumsi sama pada itik serta bebek. Walau sebenarnya ada sedikit ketidaksamaan pada itik dengan bebek. Itik mempunyai ciri badan lebih ramping, jalan tegak, badannya mirip botol serta gerakannya lincah. Sedang bebek badannya lebih lebar, jalan horizontal serta gerakannya lamban. Tetapi dalam penjelasan kesempatan ini, kita tak membedakan pada itik serta bebek, mengingat dengan cara umum sistem budidayanya relatif sama.

Saat ini telah ada bebek spesial pedaging serta bebek petelur. Tetapi sebenarnya peternak di Indonesia membudidayakan bebek untuk di ambil keduanya, baik telur ataupun dagingnya. Tak seperti ternak ayam yang telah sangatlah khusus serta tak dapat disamakan pada budidaya ayam petelur dengan ayam pedaging.

Mengetahui beberapa jenis bebek 

Bebek Jawa 

bebek jawa yaitu bebek lokal asi Indonesia. bebek itu banyak dibudidayakan di Pulau Jawa. Juga sebagai bebek lokal, bebek jawa cukup produktif dalam membuahkan telur. Dalam satu tahun bebek itu dapat bertelur 250-300 butir. bebek mulai dapat bertelur pada usia 5-6 bln., serta terus produktif sampai usia 2 th..

Bebek Kalimantan 

bebek Kalimantan atau di kenal dengan juga nama alabio adalah satu diantara type bebek yang banyak dibudidayakan. Sesungguhnya ada type bebek kalimantan lain yaitu bebek nunukan. Tetapi tak demikian popular di banding bebek alabio. bebek Alabio ukuran badannya semakin besar di banding bebek jawa. bebek betina berwarna kuning keabu-abuan. Ujung bulu dibagian sayap, dada, leher serta kepala berwarna hitam. bebek Alibio jantan sekujur badannya berwarna abu-abu kehitaman. Telur bebek alibio semakin besar di banding bebek Jawa. Kekuatan bertelur bebek itu sekitar 150-225 butir per th..

Bebek Bali 

Sesuai sama namanya bebek itu datang dari Bali. Konon awalannya berbentuk bebek liar yang didomestikasi petani setempat untuk dijinakan. bebek bali mempunyai warna badan yang bermacam. Kekuatan bertelurnya lebih sedikit di banding bebek jawa serta bebek alabio, seputar 140-145 butir per th.. bebek bali baru dapat bertelur dengan normal sesudah berusia 23-24 minggu.

Indian Runner 

bebek indian runner datang dari Belanda serta Belgia. bebek type itu pas dibudidayakan di ikilm Indonesia. Bahkan juga banyak yang berasumsi juga sebagai bebek asli Indonesia. Bentuk badan bebek indian runner serupa dengan bebek jawa, ramping serta jalan tegak seperti botol. Warna badannya kecoklatan. Produksi telurnya 150-250/musim.

Bebek pedaging 

Disamping beberapa jenis bebek diatas, ada bebek beragam type bebek pedaging. Atau umum juga dimaksud bebek, yaitu bebek peking, bebek aylesbury serta bebek muscovi.
Persiapan kandang bebek

Ternak bebek dapat dikerjakan dengan cara penggembalaan atau cara kandang. Di dalam makin sulitnya tempat penggembalaan, saat ini beberapa peternak banyak yang berpindah ke system kandang. Sudah banyak peternak yang menunjukkan dengan system kandang, budidaya bebek terus produktif bertelur. Di bawah ini banyak hal yang perlu di perhatikan dalam usaha ternak bebek.

a. Cara budidaya 

Seperti telah disinggung pada awal mulanya, ada dua cara ternak bebek yaitu cara penggembalaan serta cara kandang. Ke-2 cara itu memilik plus minusnya sendiri-sendiri. Cara penggembalaan banyak digunakan oleh beberapa peternak tradisional, misalnya beberapa peternak di daerah pantai utara Jawa.

Dengan system penggembalaan pengeluaran untuk pakan dapat lebih irit. Bebek mencari sendiri pakan yang ada di alam, seperti tumbuh-tumbuhan, cacing serta lain sebagainya. Umumnya kwalitas telur yang dihasilkan dengan system penggembalaan tambah baik, warna kuning telurnya prima. Apabila di proses jadi telur asin sangatlah baik.

Cuma saja cara itu belum pasti dapat diterapkan di seluruhnya tempat. Mengingat makin minimnya.kurang tersedianya tempat serta tenaga kerja penggembala yang susah didapat, cara itu makin tak popular. Di segi lain, cara budidaya dengan kandang telah makin maju. Sebagian praktik ternak bebek dalam kandang tunjukkan produktivitas yg tidak kalah baik. Kwalitas telur yang dihasilkan dapat dikontrol dengan pemberian pakan yang pas. Ada banyak type kandang untuk ternak bebek, tersebut penuturannya :

Kandang type pekarangan. Type kandang itu berbentuk pekarangan yang seputarnya di pagari. Bebek melakukan aktivitas seperti makan, minum, berenang dalam lingkungan itu. Kandang itu berbentuk terbuka, tetapi disiapkan kandang untuk berteduh. Apabila malam tiba atau hujan, bebek dapat masuk untuk berteduh ke kandang.

Kandang terkurung atau type postal. Berbentuk suatu bangunan besar yang mimiliki atap serta dinding. Dinding umumnya terbuat dari kisi-kisi bambu. Bebek dilewatkan berkeliaran dalam lingkungan kandang. Dalam kandang diletakkan beragam sarana seperti tempat pakan, minum atau bila sangat mungkin kolam berenang. Basic kandang dapat berbentuk tanah atau semen yang ditaburi sekam padi.

Kandang type baterai. Dalam kandang itu 1-2 bebek diletakkan dalam kotak yang terpisah. Umumnya di buat dari kisi-kisi bambu, seperti pada budidaya ayam petelur intensif. Kandang type baterei dapat diletakkan didalam atau luar ruang. Dengan type kandang baterai, tak disiapkan kolam untuk berenang.

b. Pilih type kandang 

Type kandang seperti apa yang pas buat saya? mungkin saja ini pertanyaan yang ada dipikiran pembaca. Penentuan type kandang sangatlah berkenaan dengan ketersediaan sumber daya seperti, tempat, luas tempat, tenaga kerja serta modal. Tersebut hal yang butuh diperhitungkan dalam pilih type kandang.

Apabila tempat yang ada cukup luas dapat diperhitungkan kandang type pekarangan. Kandang itu membutuhkan tempat yang luas, namun investasi untuk pembuatan kandang dapat ditekan lantaran kesibukan bebek bakal di habiskan di pekarangan. Kandang pekarangan pas diaplikasikan pada terak bebek semi intensif.

Apabila tempat yang ada terbatas, dapat diperhitungkan type kandang terkurung atau type baterai. Kandang type itu relatif tak membutuhkan tempat luas, tetapi cost pembuatan kandangnya cukup besar. Kandang type itu pas untuk budidaya intensif.

Pikirkan juga maksud ternak bebek. Apabila konsentrasi pada produksi telur serta daging, system tekurung serta baterai dapat dipakai. Namun apabila mempunyai tujuan untuk pembibitan/reproduksi, baiknya pikirkan type pekarangan atau kandang terkurung, di mana di dalamnya disiapkan sarana kolam untuk berenang.

Pilih bibit bebek 

Untuk hasil ternak bebek yang optimal, baiknya muai dengan pilih bibit yang baik. Ada tiga langkah untuk memperoleh bibit bebek, yaitu :

  • Beli telur tetas dari induk bebek yang dapat dibuktikan mutunya. Telur ditetaskan sendiri dengan inkubator. 
  • Menghasilkan sendiri telur dengan mengawinkan indukan jantan serta betina. Hal semacam ini dapat dikerjakan apabila kita mempunyai bibit yang berkwalitas, serta mempunyai sarana pembibitan sendiri. 
  • Beli Day Old Duck (DOD) dari toko peternakan atau peternak lain. 


Pakan ternak bebek 

Ternal bebek baik untuk maksud peterlur atau pedaging butuh pakan yang berkwalitas. Pada bebek petelur, kwalitas telur yang dihasilkan bergantung dengan type pakan yang didapatkan. Di bawah ini beberapa jenis pakan bebek.

a. Type pakan 

Ada dua type pakan ternak bebek, yaitu pakan alami serta pakan konsentrat (pabrikan). Pakan alami dapat berbentuk keong serta kepaa udang. Sedang pakan konsentrat bisa di beli dipabrik, atau untuk menghemat dapat diramu sendiri.

Apabila kita beli pakan dari pabrik, sekurang-kurangnya ada tiga type pakan untuk semasing fase perkembangan. Fase awal diperuntukan untuk bebek berusia 0-8 minggu, fase grower untuk usia 8-18 minggu serta fase layer usia 18-27 minggu. Pakan fase awal sekurang-kurangnya mempunyai kandungan protein 20-22%, fase grower 17-19% serta fase layer 15-17%.

Pakan konsentrat dapat diramu dari berabagi bahan. Prasyaratnya ramuan itu penuhi kandungan protein minimum serta pas untuk pakan unggas. Tersebut satu diantara misal pakan konsentrat yang diramu sendiri.

b. Langkah pemberian pakan 

Langkah memberi pakan pada bebek yang baru netas sampai berusia 21 hari baiknya di sajikan dalam baki pakan (tray feeder). Sedang untuk bebek diatas 21 hari dapat disebar dilantai serta diberikan dengan cara terus-terusan. Demikian pula dengan pembrian air minum, untuk anak bebek 0-7 hari baiknya imbuhkan vitamin pad air minum. Setelah itu air minum disiapkan dalam wadah khsus didalam kandang dengan cara terus-terusan.
Advertisement
advertisement
Panduan umum ternak bebek | Fairel Games & Toys | 5

0 komentar:

Post a Comment