Panduan lengkap budidaya ikan mas

Advertisement
advertisement
Panduan lengkap budidaya ikan mas

Panduan lengkap budidaya ikan mas

Ikan mas (Cyprinus carpio) dihadirkan ke Indonesia dari Eropa serta Tiongkok. Menurut catatan histori, mulai sejak th. 1860 orang-orang Ciamis, Jawa Barat, telah kuasai langkah membenihkan ikan mas dengan pertolongan kakaban. Satu alat yang terbuat dari ijuk untuk menempatkan telur hasil pembuahan.

Budidaya ikan mas idealnya dikerjakan pada ketinggian 150-1000 mtr. dpl. Suhu ideal untuk perkembangan ikan mas ada pada rentang 20-25oC dengan pH air sekitar 7-8.
Saat ini, usaha budidaya ikan mas terdiri dari dua segmen, yaitu usaha pembenihan serta pembesaran. Usaha pembenihan membuahkan bibit ikan untuk di besarkan selanjutnya. Market share usaha pembenihan yaitu petani ikan yang tekuni usaha pembesaran. Sedang usaha pembesaran membuahkan ikan ukuran mengkonsumsi, pangsa pasarnya customer akhir.

Pembenihan ikan mas 

Untuk mengawali usaha budidaya ikan mas, hal pertama yanng mesti disediakan yaitu pilih bibit atau calon indukan. Calon indukan itu diupayakan mesti dari keturunan yang mempunyai karakter unggul. Hingga membuahkan benih yang mempunyai produktivitas tinggi.

Calon indukan ikan mas dipelihara dalam kolam pembibitan, dipisahkan pada indukan jantan serta betina. Pembelahan dikerjakan hingga ke-2 indukan siap memijah. Sistem pemijahan atau perkawinan ikan mas dikerjakan di kolam spesial. Kolam itu mesti dilengkapi dengan kakaban, tempat untuk tempelkan telur hasil pembuahan.

Pembesaran ikan mas 

Benih yang dipakai dalam usaha budidaya ikan mas umumnya memiliki ukuran 10-12 cm atau berbobot seputar 80-100 gr per ekor. Ukuran benih sebesar itu diinginkan telah cukup kuat untuk di besarkan. Hingga resiko kegagalan dapat ditekan. Lama pembesaran ikan mas sekitar 2-3 bln..
Budidaya ikan mas dapat dikerjakan dalam beragam tehnik seperti cara air deras, air tenang atau tumpang sari. Medium atau tempatnya dapat berbentuk kolam tanah, kolam tembok, kolam terpal, sawah, keramba serta jaring apung.

a. Kolam tanah (air tenang) 

Beberapa besar petani lakukan budidaya ikan mas di kolam air tenang dengan lantai tanah. Kolam tanah banyak digunakan lantaran langkah membuatnya gampang serta cost membuatnya murah, silakan saksikan langkah bikin kolam tanah.

Ada dua type kolam tanah, yaitu kolam tanah dengan tanggul tanah serta kolam tanah dengan tanggul tembok atau batu. Kolam tanah memiliki kelebihan dapat sediakan pakan alami untuk ikan. Beragam organisme terkecuali ikan, seperti cacing atau tumbuhan air dapat tumbuh subur di basic kolam. Type kolam itu menolong kurangi cost pakan.

Di bawah ini beberapa langkah persiapan untuk budidaya ikan mas di kolam tanah :


  • Saat sebelum kolam dipakai, kerjakan terlebih dulu pembajakan basic kolam, penjemuran, pegapuran, pemupukan serta penggenangan air. Persiapan itu memerlukan saat 1-2 minggu, bergantung cuaca waktu penjemuran kolam. Detailnya silakan baca persiapan kolam tanah untuk budidaya ikan. 
  • Pakai benih ikan mas memiliki ukuran 100 gr per ekor. Kemampuan kolam tanah untuk budidaya ikan mas sebesar 1-2 ekor/m2. 
  • Berikanlah pakan paling utama berbentuk pelet dengan kandungan protein 25%. Dosis pemberian pakan sejumlah 3-4% dari bobot ikan. Umpamanya, untuk ikan dengan bobot 100 gr berikanlah pakan 3-4 gr pelet per ekor /hari. Apabila kita menanam 1000 ekor ikan bermakna diperlukan pakan 3-4 kg /hari. 
  • Frekwensi pemberian pakan 3 kali satu hari, diberikan pagi, siang serta sore hari. 
  • Tiap-tiap 2 minggu kerjakan penimbangan bobot badan ikan mas. Ambillah sebagian ekor dengan cara acak, timbang. Lantas cocokkan jumlah pakan yang didapatkan. 
  • Kurun waktu 3 bln., bobot ikan bakal naik jadi seputar 300-400 gr per ekor. Dengan ukuran sebesar itu ikan telah dapat dipanen. Apabila selalu dipelihara, cost pakan jadi tak ekonomis lagi terkecuali harga ada tawaran harga jual ikan yang lebih tinggi. 

b. Kolam air deras 

Kolam air deras yaitu tempat budidaya ikan dengan aliran air yang cepat. Untuk bikin kolam air deras dibutuhkan debet air besar serta arus yang kuat. Keunggulan budidaya ikan mas di kolam air deras yaitu ikan selalu bergerak hingga nafsu makannya besar. Diluar itu kandungan oksigen terlarut dalam kolam air deras relatif lebih tinggi. Hingga kolam air deras memiliki kemampuan padat tebar ikan yang semakin besar di banding kolam air tenang.

Luas kolam air deras umumnya memiliki ukuran kecil, tak sebesar kolam air tenang. Tempat atau areal kolam dipetak-petakkan jadi ukuran kolam yang kecil-kecil supaya aliran air dapat terus deras. Kedalaman kolam di buat lebih dalam di banding kolam air tenang. Dinding kolam terbuat dari tembok untuk menghindar erosi disebabkan kikisan air.

Di bawah ini beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam budidaya ikan mas di kolam air deras :
  • Kolam air deras memerlukan debet air yang besar seputar 25-100 liter/detik. Yakinkan sumber air terus lancar. 
  • Pakai benih ikan dengan bobot 100 gr/ekor. Kemampuan penebaran benih di kolam air deras yaitu 30-60 ekor/m2. Makin deras aliran air, kemampuannya makin besar. 
  • Berikanlah pakan dengan kandungan protein 25-30%. Pelet yang didapatkan mesti dapat bertahan di air, tak gampang hancur lantaran aliran air cukup kencang. 
  • Dosis pemberian bakal yaitu 4% dari bobot badan ikan. Timbang beberapa ikan tiap-tiap dua minggu sekali untuk sesuaikan jumlah pakan. 
  • Pemberian pakan dapat lewat cara ditebar atau memakai wadah almunium yang diletakan diatas kolam dengan pendulum menjulur ke air. Pakan bakal jatuh apabila ikan menggerak-gerakkan pendulum. 
  • Frekwensi pemberian pakan 3 kali satu hari, pagi, siang serta sore. 
  • Budidaya ikan mas dapat dipanen sesudah 2, 5-3 bln., dengan hasil 3-4 kali lipat dari bobot awal. 

c. Jaring apung 

Budidaya ikan mas di jaring apung umumnya dikerjakan di waduk-waduk besar serta danau. Jaring terbuat berbahan polyethylene yang tahan lama. Jaring di buat menggantung pada kerangka rakit berupa sisi empat. Kedalaman jaring apung optimal 3 mtr..

Bahan yang dipakai untuk kerangka kolam yaitu umumnya bambu atau kayu. Kerangka itu mengapung diatas air dengan bantalan dari drum atau jeriken. Supaya kerangka tak terbawa arus air, mesti dipasang jangkar yang menambat ke basic kolam. Jaring apung umumnya dilengkapi dengan saung yang dipakai penunggu atau menaruh peralatan serta pakan.

Di bawah ini beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam budidaya ikan mas di jaring apung :

  • Pakai jaring memiliki ukuran 1, 5 cm. Kedalaman jaring apung 3 mtr.. 
  • Pakai benih memiliki ukuran 100 gr per ekor. Kemampuan padat tebar jaring apung seputar 30 ekor/m2. 
  • Pakan berbentuk pelet dengan kandungan protein 25%. 
  • Jumlah pakan yang diperlukan sehari-hari yaitu 4% dari bobot badan ikan. Timbang beberapa ikan tiap-tiap dua minggu untuk sesuaikan jumlah pakan. 
  • Frekwensi pemberian pakan 3 kali satu hari. 
  • Ikan mas dapat dipanen sesudah 3 bln. dengan ukuran 300-400 gr/ekor. 

Pengendalian hama serta penyakit 

Usaha budidaya ikan mas berkembang sangatlah cepat. Bersamaan dengan ini, penyebaran penyakit juga jadi kemungkinan yang harus diperhitungkan. Untuk meminimalisir kemungkinan, tiap-tiap pembudidaya butuh tahu beragam penyakit yang umum menyerang ikan mas.

Panen budidaya ikan mas 

Dengan cara umum tingkat keekonomian pembesaran ikan mas ada pada kisaran 300-400 gr per ekor. Bobot ikan di bawah ini, masih tetap mempunyai potensi untuk di besarkan. Sedang apabila melebihi bobot itu, ikan mas telah tak ekonomis lagi untuk di besarkan. Jumlah pakan yang dikonsumsi ikan telah tak sepadan lagi dengan perkembangan serta harga jual ikan.

Makin lama saat pembesaran makin besar cost operasional yang perlu dikeluarkan. Cost pemeliharaan, terutama untuk pakan bakal makin besar dengan meningkatnya bobot ikan per ekor.
Tetapi hal itu masih tetap bergantung pada keadaan pasar. Apabila ada pasar yang ingin terima ikan mas memiliki ukuran besar dengan harga per kilogramnya lebih mahal, pembesaran masih tetap layak.

Saat yang diperlukan untuk budidaya ikan mas dari ukuran 100 gr per ekor, hingga ukuran siap mengkonsumsi 300-400 gr ekor seputar 2-3 bln.. Dalam kurun saat itu bobot ikan bakal tumbuh 3-4 kali lipat.
Advertisement
advertisement
Panduan lengkap budidaya ikan mas | Nurul Alfi Saadah | 5

0 komentar:

Post a Comment