Membuat sendiri pakan lele alternatif

Advertisement
advertisement
Membuat sendiri pakan lele alternatif

Membuat sendiri pakan lele alternatif

Pakan adalah komponen paling utama dalam usaha budidaya ikan, termasuk juga ikan lele. Sialnya, harga pakan lele mahal. Beberapa besar bahan bakunya diimpor. Hal semacam ini banyak dikeluhkan beberapa peternak ikan. 

Untuk menjawab masalah diatas, sebaiknya kita tahu bagaimana caranya bikin pakan lele alternatif serta juga sebagai subtitusi pelet buatan pabrik. Ada dua type pakan lele alternatif yang bakal di uraikan disini, yaitu pakan dari beberapa bahan paling utama serta pakan yang memakai bahan sisa-sisa. 
Pakan berbahan paling utama di buat dari beberapa bahan yang mempunyai kandungan nutrisi sesuai sama keperluan ikan lele. Sedangan pakan penambahan diperoleh dari beberapa bahan organik bekas atau yang harga nya murah serta ketersediaanya melimpah. 

Kandungan nutrisi pakan 

Pakan lele yang baik mesti penuhi rasio pemberian pakan dengan menambahkan bobot badan kurang dari satu (Feed Conversion Ratio/FCR1). Berarti, tiap-tiap pemberian pakan sejumlah 1 kg bakal menaikkan bobot badan sejumlah 1 kg. Jadi makin kecil rasio FCR-nya, makin baik pakannya. 
Penyediaan pakan lele untuk pakan paling utama mesti mempunyai kandungan nutrisi yang komplit. Pakan itu mesti memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin serta mineral. Protein berperan juga sebagai sumber daya paling utama. Type ikan karnivora sejenis lele memerlukan protein yang tinggi yakni kian lebih 35% dari berat pakan.

Lemak diperlukan juga sebagai sumber daya penambahan utama. Terkecuali juga sebagai sumber daya, lemak sangatlah utama untuk keberlangsungan hidup ikan, melarutkan sebagian type vitamin serta melindungi keseimbangan daya apung ikan di air. Menambahkan lemak pada pakan juga memengaruhi rasa serta mutu pakan. Lele memerlukan lemak dengan kandungan 4-5 % dari berat pakan. Kandungan lemak tak bisa terlalu berlebih lantaran dapat mengakibatkan penimbunan lemak pada usus serta hati ikan, hingga ikan jadi kurang nafsu makannya.
Karbohidrat terbagi dalam senyawa serat kasar serta bahan bebas tanpa ada nitrogen. Manfaat paling utama karbohidrat yaitu juga sebagai sumber daya. Terkecuali berperan juga sebagai nutrisi, karbohidrat dapat juga jadi bahan perekat dalam pembuatan pakan lele. Kandungan karbohidrat pada pakan lele baiknya ada pada kisaran 4-6 %.

Vitamin adalah zat organik yang diperlukan ikan dalam jumlah kecil, tetapi peranannya sangatlah vital. Perannya untuk menjaga keadaan serta ketahanan badan. Vitamin biasanya tidak bisa disintesis oleh badan ikan, jadi mesti dipenuhi dari luar atau pakan. Keperluan vitamin bakal alami penurunan bersamaan dengan perkembangan besar ikan.

Satu lagi yang diperlukan dalam jumlah kecil tetapi utama, yaitu mineral. Mineral ini memerankan utama dalam bangun susunan tulang ikan serta dalam manfaat metabolisme. Mineral terbagi dalam makromineral serta mikromineral. Makromineral yang terdapat pada badan ikan salah satunya kalsium (Ca), magnesium (Mg), natrium (Na), kalium (K), fosfor (K), klorida (Cl) serta sulfur (S). Sedang mikromineral diantaranya besi (Fe), seng (Zn), mangan (Mn), tembaga (Cu), iodium (I), kobalt (Co), nikel (Ni) fluor (F), krom (Cr), silikon (Si) serta selenium (Se).

Membuat pakan lele alternatif 

Pakan alternatif pengganti pelet dapat kita buat dari beragam bahan. Kandungan paling utama pelet yang paling menguasai yaitu tepung ikan. Tepung ikan dipakai lantaran kandungan proteinnya yang tinggi serta gizi yang lain. Tetapi harga tepung ikan ini mahal, oleh karenanya kita dapat mencampurkannya dengan beberapa bahan lain yang lebih murah tanpa ada kurangi kandungan protein yang ada.

Pakan lele alternatif yang kita buat mesti sesuai dengan keperluan standard ikan lele untuk tumbuh serta berkembang dengan baik serta cepat (saksikan kembali tabel diatas). Karenanya, terdapat beberapa bahan alternatif yang dapat kita peroleh, baiknya sebagai acuan yaitu kandungan protein.

Umpamanya, kita mau bikin pakan lele dari kombinasi 50 kg tepung ikan (kandungan protein 62, 9%) dengan 50 kg dedak halus (15, 58%), apakah kombinasi itu penuhi keperluan protein ikan lele?

  • Jumlah protein dalam tepung ikan = 62, 9% x 50 kg = 31, 45 kg 
  • Jumlah protein dalam dedak halus = 15, 58 x 50 kg = 7, 79 kg 
  • Jumlah keseluruhan protein dari tepung ikan serta dedak halus = 39, 24 kg 
  • Berarti dari keseluruhan berat bahan baku 100 kg didapat protein 39, 24 kg atau 39, 24% dari adonan itu yaitu protein. Hal semacam ini memenuhi untuk pakan lele di mana minimum ada kandungan protein kasar sejumlah 30%. 

Untuk memperkaya kandungan nutrisi, kita dapat menaikkankannya dengan beragam vitamin ikan yang ada di market.

Membuat pakan lele tambahan 

Dimaksud pakan penambahan lantaran maksudnya adalah untuk melengkapi pemberian pakan paling utama. Kandungan nutrisi pada pakan lele penambahan tak dapat ditakar dengan pas. Tetapi kandungannya masih tetap dapat kita kurang lebih. Pemberian pakan lele penambahan dalam budidaya lele intensif dapat menghimpit cost pengeluaran pakan, hingga peternak dapat nikmati keuntungan yang semakin besar. Beberapa bahan tersebut disarikan dari pengalaman-pengalaman beberapa peternak lele.

a. Limbah peternakan unggas 

Mujur untuk peternak yang tempatnya dekat dengan peternakan unggas (ayam atau puyuh). Peternakan unggas umumnya membuahkan limbah berbentuk ayam mati dalam jumlah yang kontinyu. Limbah itu dapat kita pakai untuk pakan lele. Lantaran ikan lele pada hakikatnya adalan hewan karnivora.

Bangkai ayam atau puyuh baiknya tak diberikan demikian saja untuk hindari terjangkitnya penyakit pada ikan. Bangkai mesti dibikin bersih terlebih dulu bulu lewat cara di rebus. Terkecuali menyingkirkan bulu, sistem perebusan berperan untuk membunuh bibit penyakit yang mungkin saja terdapat dalam bangkai. Perebusan dapat dikerjakan dalam drum-drum besar.
Sesudah di rebus diamkan bangkai itu hingga dingin, lantas berikanlah pada ikan lele pada hari yang sama. Pakan diberikan lewat cara digantung serta celupkan pakan di air kolam. Sesudah habis angkat kerangka yang tersisa jangan sempat jadi residu dalam kolam.

b. Keong mas atau bekicot 

Disebagian tempat, keong mas adalah hama untuk petani padi. Kita dapat memakai daging keong yang kaya protein untuk pakan lele penambahan. Keong mas gampang diketemukan di daerah pesawahan. Langkah mengumpulkannya juga gampang, terlebih bila tempat kita ada di pedesaan. Tinggal gunakan plang, terima keong mas lantas nego, beres masalah.
Sama dengan bangkai unggas, keog mas sebaiknya tak diberikan dengan cara segera. Rebus terlebih dulu keong mas atau bekicot di air mendidih sepanjang sebagian menit. Perebusan ini fungsinya untuk mengempukan daging, mempermudah pelepasan cangkang, serta membunuh bibit penyakit yg tidak dikehendaki. Sesudah di rebus, bebaskan cangkangnya lewat cara dicukil memakai garpu. Lalu, daging keong didinginkan serta dicincang kecil-kecil.

c. Belatung 

Belatung (maggot) adalah sumber protein yang baik buat ikan lele. Belatung dihasilkan dari lalat. Terdapat banyak type belatung yang pas untuk jadikan, satu diantaranya dari lalat black soldier fly (Hermetia illucens). Kenapa black soldier fly? Lantaran belatung ini mempunyai kandungan protein kasar sampai 40% serta menurut penelitan BBPBAT pas untuk pakan lele penambahan.
Untuk membiakkan belatung ini cukup siapkan ember, daun pisang, ampas tahu, bekas ikan asin serta dapat ditambahkan kotoran ayam. Langkahnya masukkan ampas tahu juga sebagai bahan paling utama kedalam ember, lantas imbuhkan air bersih serta aduk sampai rata. Lalu imbuhkan ikan asin serta kotoran ayam, lantas tutup permukaannya dengan daun pisang kering supaya lalat black soldier fly ingin bertelur. Letakkan ember di tempat teduh serta terlindung dari air hujan.
Sesudah kurang lebih 3 minggu atau mungkin saja kurang dari itu, belatung telah siap dipanen. Langkahnya campur air pada media kultur, lantas saring untuk memisahkan media kultur dari belatung. Belatung siap diberikan juga sebagai pakan lele. Untuk bahan baku media kultur sejumlah 100 kg kurang lebih bakal dihasilkan belatung 60 kg. Cermati, janganlah menaruh belatung fresh terlampau lama lantaran dapat beralih jadi lalat.

d. Ikan rucah 

Untuk beberapa peternak yang tempatnya berdekatan dengan tempat pelelangan ikan, pilihan ini dapat jadi pilihan yang efisien. Ikan rucah atau ikan bekas tangkaapan yang kecil-kecil yg tidak dikonsumsi manusia umumnya di jual dengan harga terjangkau. Ikan ini dapat kita gunakan untuk pakan lele penambahan.
Ikan rucah umumnya sedikit memiliki kandungan tulang atau duri. Untuk ikan rucah seperti ini tak membutuhkan pemrosesan terlebih dulu. Dapat segera dicincang serta diberikan pada lele. Tetapi untuk ikan yang banyak terkandung tulang atau duri, baiknya di rebus dulu.
Advertisement
advertisement
Membuat sendiri pakan lele alternatif | Nurul Alfi Saadah | 5

0 komentar:

Post a Comment