Cara membuat pupuk bokashi

Advertisement
advertisement
Cara membuat pupuk bokashi
Cara membuat pupuk bokashi

Bokashi dipopulerkan pertamakali di Jepang juga sebagai pupuk organik yang dapat di buat dengan cepat serta efisien. Terminologi bokashi di ambil dari arti bhs Jepang yang berarti pergantian dengan cara bertahap. Sedang EM4 adalah type mikroorganisme dekomposer untuk membuat pupuk bokashi. EM4 dipopulerkan oleh Prof. Dr. Teruo Higa dari Jepang. 

Sistem pembuatan pupuk bokashi relatif lebih cepat dari pengomposan konvensional. Bokashi telah siap jadikan pupuk dalam tempo 1-14 hari mulai sejak di buat, bergantung berbahan baku serta cara yang dipakai. Bikin bokashi sangatlah gampang, dapat dikerjakan dalam taraf rumah tangga ataupun taraf pertanian yang semakin besar. Di bawah ini kami terangkan tahap-tahapnya :

Mempersiapkan mikroorganisme dekomposer (EM4) 

Hal pertama yang perlu dikerjakan untuk bikin pupuk bokashi yaitu mempersiapkan mikroorganisme dekomposernya. Satu diantara dekomposer bokashi yang paling popular yaitu EM4. Larutan EM4 terbagi dalam mikroorganisme yang diisolasi dengan cara spesial untuk menguraikan sampah organik dengan cepat. Mikroorganisme yang terdapat dalam EM4 terbagi dalam bakteri fotosintesis, bakteri asam laktat (Lactobacillus sp), Actinomycetes serta ragi. 

EM4 di jual dipasaran berbentuk cairan kental yang sudah dikemas dalam beragam ukuran. Untuk bikin dekomposer bokashi, kita cukup mengencerkan cairan itu serta mencampurkannya dengan bahan baku bokashi. Terkecuali membelinya, kita dapat juga bikin cairan mikroorganisme efisien (EM) sendiri. Tersebut langkah-langkahnya : 

  • Siapkan beberapa bahan tersebut : pepaya serta kulitnya 0, 5 kg, pisang serta kulitnya 0, 5 kg, nenas serta kulitnya 0, 5 kg, kacang panjang fresh 0, 25 kg, sayuran hijau (kangkung/bayam) 0, 25 kg, gula pasir 1kg serta ragi tape 5 butir. 
  • Campur pepaya, nenas, pisang, kacang panjang serta sayuran serta lumatkan beberapa bahan itu dengan jus. 
  • Masukkan beberapa bahan yang sudah dilumat kedalam ember yang ada penutupnya. Lantas imbuhkan 1 liter air, gula pasir serta ragi tape. Aduk perlahan-lahan sampai rata. Lalu tutup ember dengan rapat, diamkan sepanjang 7 hari. 
  • Sesudah tujuh hari bakal terbentuk cairan berwarna coklat gelap. Saring cairan itu, air hasil saringan adalah larutan efisien mikroorganisme (EM) yang dapat jadikan dekomposer pupuk bokashi. Taruh cairan dalam wadah/botol. Larutan EM dapat digunakan sampai 6 bln., sedang ampasnya dapat dipakai juga sebagai kompos. 

Bikin pupuk bokashi taraf pertanian (1 ton) 

Pupuk bokashi dapat di buat dari hijauan bekas panen serta limbah peternakan. Saat yang dibutuhkan untuk bikin bokashi taraf besar serta taraf kecil sama juga, yang membedakannya yaitu volume bahan bakunya. Berikut cara membuat bokashi untuk pemakaian pertanian :

  • Siapkan beberapa bahan tersebut : 200 kg jerami atau bekas hijauan, 600 kg kotoran ternak yang sudah kering, 50 kg serbuk gergaji/dedak, 50 kg arang sekam, 100 kg humus (top soil, datang dari tanah rimba tambah baik), 1 liter larutan dekomposer (EM4) serta 1 kg gula pasir. 
  • Tentukan tempat fermentasi yang terlindung dari air hujan serta sengatan matahari segera. Buat lubang berupa persegi panjang diatas tanah itu dengan lebar 1 mtr., panjang 2 mtr. serta dalam 30-50 cm, atau cocokkan ukuran lubang dengan adanya banyak bahan baku. 
  • Cacah jerami atau hijauan kecil-kecil, kombinasi beberapa bahan organik yang sudah disediakan, aduk sampai rata dengan cangkul atau sekop. Jika memang perlu (umpamanya tanah Anda asam), imbuhkan abu (Mg) serta kapur pertanian (Ca) untuk memperkaya kandungan hara pupuk bokashi yang dihasilkan. 
  • Encerkan larutan EM4, ambillah 1 liter larutan campur dengan 200 liter air bersih serta 1 kg gula pasir. Lalu siramkan pada kombinasi bahan baku sembari diaduk. Atur kelembapan sampai meraih 30-40%. Untuk memperkirakan tingkat kelembapan, kepalkan kombinasi sampai dapat menggumpal namun tak hingga keluarkan air. Jika kelembabannya kurang, imbuhkan air seperlunya. 
  • Tutup rapat lubang fermentasi dengan plastik atau terpal, diamkan sampai 7-14 hari. Butuh diingat, kontrol suhu fermentasi sampai optimal 45oC. Jika melebihi suhu itu, aduk dengan cangkul supaya suhunya turun. 
  • Sesudah 14 hari, umumnya pupuk bokashi telah terbentuk serta dapat diterapkan segera.

Membuat pupuk bokashi taraf rumah tangga 

  • Pupuk bokashi dapat di buat dalam taraf rumah tangga dengan memakai limbah dapur atau bekas makanan. Bokashi dari hasil daur lagi sampah dapat dipakai untuk memupuk tanaman pekarangan. Pemakaiannya sama juga dengan pemakaian pupuk organik yang di jual dipasaran. Tersebut bagian membuatnya : 
  • Siapkan beberapa bahan tersebut : bekas sayuran, buah-buahan, bekas makanan (nasi, roti, dan lain-lain), tulang ikan, tulang ayam, 5 kg dedak/serbuk gergaji, 5 kg arang sekam, 10 ml EM4 serta dua sendok gula pasir. 
  • Siapkan satu tong plastik ukuran 200 liter. Buat lubang sisi bawahnya untuk keluarkan cairan hasil pengomposan. Cairan ini bermanfaat juga sebagai pupuk organik cair. 
  • Potong atau rajang material organik jadi potongan kecil, campur dengan dedak/serbuk gergaji serta arang sekam. 
  • Encerkan 10 ml larutan EM4 dengan 1 liter air, imbuhkan dua sendok gula pasir. Lalu siramkan pada kombinasi bahan baku tadi. 
  • Tutup rapat tong plastik, jika suhu melebihi 45oC. Abila warna serta teksturnya telah seperti tanah, itu tandanya pupuk bokashi telah terbentuk. Prosesnya kurang lebih 5-7 hari.


Advertisement
advertisement
Cara membuat pupuk bokashi | Fairel Virendra Azzamy | 5

0 komentar:

Post a Comment