Budidaya kangkung darat organik

Advertisement
advertisement
Budidaya kangkung darat organik

Budidaya kangkung darat organik

Ketidaksamaan paling utama dua type kangkung ini yaitu pada bentuk daun serta warna bunga. Kangkung darat (Ipomoea Reptans) berwarna hijau jelas dengan ujung daun yang runcing. Warna bunga kangkung darat putih. 

Sedang kangkung air (Ipomoea Aquatica) daunnya berwarna hijau agak gelap dengan ujung yang membulat atau lebih tumpul hingga tampak lebih lebar. Warna bunga kangkung air condong ungu. Terkecuali ketidaksamaan fisik, rutinitas langkah memanen dua type kangkung ini tidak sama juga. Kangkung darat di panen lewat cara dicabut, sedang kangkung air dipanen dengnan langkah dipotong.  

Sekarang ini kangkung darat semakin banyak beredar di pasar-pasar komersial di banding kangkung air. Kangkung air semakin banyak dikonsumsi serta ditanam dengan cara subsisten oleh orang-orang. Budidaya kangkung darat sangatlah gampang, lantaran sayuran ini bersiklus panen cepat serta relatif tahan hama. Oleh karena itu, harga kangkung dipasaran relatif murah di banding type sayuran lain. Untuk tingkatkan nilai lebih, kita dapat lakukan budidaya kangkung darat dengan cara organik. Harga kangkung darat organik relatif lebih tinggi. 

Budidaya kangkung darat bisa dikerjakan baik didataran rendah ataupun dataran tinggi. Untuk dapat tumbuh serta berkembang dengan baik, budidaya kangkung darat mesti memperoleh curah hujan serta cahaya matahari yang cukup. Kangkung darat dapat diperbanyak dengan biji serta stek. Tetapi spesial untuk kangkung darat, beberapa petani umum mengerjakannya dengan biji. 

Penyiapan benih untuk budidaya kangkung 

Untuk memperoleh tanaman yang baik, tentu mesti dikerjakan penentuan benih yang baik juga. Ada banyak benih unggul kangkung yang populer seperti varietas Sutera serta Bangkok. Benih sutera adalah benih yang diintroduksi dari kangkung Hawaii oleh Departemen Pertanian pada th. 1980-an. Tetapi yang beredar banyak sekarang ini yaitu kangkung keluaran Bisi serta Panah Merah dan kangkung asal Jawa Timur seperti Sidoarjo. Sedikit susah untuk menelusuri varietas-varietas kangkung yang beredar dipasaran.

Benih kangkung darat yang baik yaitu benih yang daya tumbuhnya kian lebih 95 % serta tumbuhnya tegak sekurang-kurangnya sampai usia 8 minggu. Lantaran kangung darat yang tumbuh menyebar tak demikian diminati pasar. Upayakan janganlah memakai benih yang sudah disimpan kian lebih setahun. Lantaran produktivitasnya bakal alami penurunan.

Pemrosesan tempat serta pemupukan dasar 

Pada budidaya kangkung darat tanah mesti di proses dengan dicangkul supaya gembur lalu buat bedengan dengan lebar 1 mtr. serta panjang sesuaikan dengan petak tempat. Jarak antar bedengan 30-40 cm, fungsinya juga sebagai saluran drainase serta jalan untuk pemeliharaan serta pemanenan.
Untuk budidaya kangkung organik, siapkan pupuk basic dari type pupuk organik, dapat memakai pupuk kandang yang sudah masak atau pupuk kompos. Pupuk kandang lebih praktis lantaran tak perlu menyiapkannya dengan cara intensif, cukup mendiamkannya sampai kering saat sebelum dipakai. Sesaat penyiapan pupuk kompos relatif lebih lama. Jika memakai pupuk kandang, tambah baik tentukan kotoran ayam di banding kotoran kambing atau sapi. Lantaran kotoran ayam lebih cepat terurai, hingga pas dengan tanaman kangkung yang bersiklus panen cepat. Tebarkan pupuk tersebut di atas bedengan, kurang lebih 10 ton per hektar. Lalu diamkan sepanjang 2-3 hari.

Penanaman 


Budidaya kangkung darat organik


Budidaya kangkung darat organik Penanaman lewat cara ditebar  Penanaman pada budidaya kangkung darat bisa ditebar segera atau ditugal. Disamping itu, langkah disemaikan serta lantas dipindah tak terlampau ekonomis untuk budidaya kangkung darat. Langkah ditebar segera dikerjakan dengan menyebarkan benih diatas bedengan. Langkah tersebut cukup cepat serta pas dikerjakan di tempat yang kurang orang atau biaya tenaga kerja mahal. Kekurangan langkah tersebut yaitu boros pada pemakaian benih, lantaran dapat menggunakan 5-10 kg benih per hektar. Langkah tersebut membutuhkan pekerja yang trampil supaya hasil tebar rata. Cuma saja susah untuk memperoleh kepadatan populasi tanaman yang ideal. Di mana kepadatan ideal untuk tanaman kangkung yaitu 50. 000 pohon per hektar.

Langkah yang ke-2 yakni, dengan ditugal. Nikmatnya dengan langkah tersebut kita dapat mengatur jarak tanam hingga dapat diperoleh kerapatan populasi tanaman yang ideal. Jarak pada lubang tugal yaitu 10 x 5 cm, tiap-tiap lubang di isi 2-3 biji benih. Cuma saja dengan langkah tersebut diperlukan semakin banyak tenaga kerja lantaran pekerjaannya bakal lebih lama. Penugalan tak perlu terlampau dalam, lantaran budidaya kangkung darat tak membutuhkan perakaran yang terlampau kuat.

Pemeliharaan serta pemupukan kelanjutan 

Dalam budidaya kangkung darat tak dibutuhkan pupuk yang intensif. Kangkung darat adalah tanaman yang tahan pada keadaan kesuburan tanah tengah. Sesungguhnya pemupukan awal telah cukup untuk memberi nutrisi pada tanaman sampai siap panen. Tetapi hal semacam ini sangatlah bergantung pada keadaan kesuburan tanah semasing. Tanah yang pada awal mulanya sisa ditanami tumbuhan kacang-kacangan relatif tak membutuhkan pupuk penambahan cukup hanya pupuk organik basic yang sudah diberikan dimuka.

Cuma saja jika tanaman tampak kurang subur yang ditandai dengan warna hijau yang sirna butuh dikerjakan pemupukan penambahan. Kangkung darat sangatlah responsif pada nitrogen. Jika dibutuhkan dapat diberikan pupuk organik kaya nitrogen seperti kotoran ayam yang sudah masak bercampur sekam atau kompos yang kaya nitrogen.

Pemeliharaan setelah itu yang perlu di perhatikan yaitu penyiraman. Kangkung darat membutuhkan banyak air untuk tumbuh. Tetapi jika curah hujan terlampau tinggi, daun yang dihasilkan bakal buruk. Pada musim kering butuh penyiraman yang teratur, tiap-tiap pagi serta sore hari. Bila tanaman tampak layu serta menguning disiang hari, kerjakan juga penyiraman dengan intensitas yang cukup. Kurangnya intensitas penyiraman di siang hari terik dapat bikin tanaman mati.

Hal setelah itu yaitu penyiangan, meskipun kangkung adalah tanaman siklus cepat adakalanya tanaman muda kalah berkompetisi dengan rumput. Terlebih waktu penebaran benih awal, perkembangan dari benih jadi tanaman relatif agak lama hingga potensi tersalip gulma cukup tinggi. Jika berlangsung hal seperti ini, gulma itu mesti cepat disingkirkan dengan dicabut.

Hama yang umum menyerang kangkung diantaranya belalang, ulat grayak (Spodotera Litura) serta kutu daun dari (type Myzus Persicae serta Aphyds Gossypii). Tanda-tanda serangan ulat grayak yaitu daun bolong-bolong serta pinggiran dau bergerigi sisa gigitan. Sedang kutu daun bikin tanaman kerdil serta dau melengkung. Lantaran kutu daun menyerap cairan dari tanaman.

Disamping itu penyakit yang umumnya menyerang yaitu penyakit karat putih (Albigo Ipomoeae Panduratae). Apabila terkena penyakit ini bakal nampak bercak putih pada daun lalu bakal makin meluas. Dalam budidaya kangkung darat organik, perlakuan hama mesti dikerjakan dengan cara terpadu. Untuk kurangi kemungkinan serangan hama serta penyakit, butuh dikerjakan perputaran tanam, mengatur jarak tanam serta lakukan penyiraman yang pas. Atau apabila sangat terpaksa dapat memakai pestisida hayati seperti daun nimba, gadung, serta sereh wangi.

Panen serta pemasaran

Budidaya kangkung darat dari pertama sebar sampai panen mengonsumsi saat 30-45 hari. Pemanenan dapat dikerjakan dengan dua langkah dipotong serta dicabut. Spesial untuk kangkung organik, baiknya pemanenan dikerjakan dengan dicabut. Lantaran selera pasar kangkung organik, yaitu pasar-pasar modern, lebih pilih tanaman kangkung yang komplit dengan akarnya. Pemanenan lewat cara dicabut bakal membuahkan tanaman kangkung sejumlah 23 ton per hektar.

Saat sebelum di kemas serta di kirim ke pasar, sebaiknya kangkung yang sudah dicabut dibikin bersih dahulu dari tanah. Pencucian dikerjakan dengan air mengalir atau air bersih supaya terlepas dari kontaminan-kontaminan beresiko. Letakkan kangkung ditempat yang lembab serta janganlah tersengat cahaya matahari segera.

Tidak sama dengan hasil budidaya konvensional, budidaya kangkung darat organik bakal membuahkan product organik yang bersih dari kontaminan zat kimia beresiko. Oleh karenanya, produknya condong memiliki harga yang lebih tinggi. Baiknya janganlah di jual segera pada beberapa pengepul yang umumnya telah siap mengambil segera dari tempat. Jika kiat pemasarannya kita lakukan, bukanlah bisa saja keuntungan yang didapat juga semakin besar.

Panduan pemasaran sayur organik 

#1 Penjualan di kebun (farm gate sale)

Jika kebun Anda gampang dijangkau, baiknya buka penjualan segera di kebun. Tujuan pembelinya yaitu customer akhir. Umumnya customer sayur organik bersedia untuk datang segera ke kebun untuk meyakinkan product yang dibelinya. Dengan langkah tersebut dapat dihemat biaya distribusi.

#2 Menuai sendiri (pick your own)

Dengan berkembangnya agrowisata, banyak kebun yang tawarkan beli serta petik sendiri. Langkah seperti ini banyak diaplikasikan oleh kebun-kebun organik di Lembang, Bandung.

#3 Penjualan segera (direct seling)

Penjualan segera dapat dikerjakan dengan pelihara jalinan dengan komunitas-komunitas customer organik. Butuh kiat pengatiran jadwal tanam serta meningkatkan keragaman tanaman untuk penuhi keinginan customer. Kita dapat kirim sayuran ke customer berbentuk paket-paket siap mengkonsumsi. Untuk dapat sediakan paket komplit baiknya bekerja bersama dengan sesama pembudidaya pertanian organik yang lain.

#4 Gerai spesial di pasar ritel

Jika mempunyai lobi yang baik, sayur organik dapat segera masuk ke pasar ritel modern. Di ritel-ritel itu kita dapat meminta dibuatkan display spesial organik serta memakai harga premium.

#5 Buka toko organik

Langkah tersebut dapat dikerjakan dengan kemitraan atau pengembangan usaha sendiri apabila mempunyai modal cukup. Langkah tersebut digunakan oleh sebagian gerai organik di Jakarta yang bekerja bersama dengan beberapa petani organik di Bogor.

#6 Penjualan ke komune atau koperasi

Sekarang ini masih tetap tidak sering petani yang bikin group atau grup spesial organik. Tetapi bersamaan dengan makin populernya pangan organik, asosiasi-asosiasi petani organik telah mulai banyak terbentuk.
Advertisement
advertisement
Budidaya kangkung darat organik | Fairel Virendra Azzamy | 5

0 komentar:

Post a Comment