Cara merawat lovebird

Advertisement
advertisement
Cara merawat lovebird

Cara merawat lovebird

Burung lovebird adalah burung peliharaan yang popular. Dari sisi bentuk mirip-mirip dengan burung bayan atau betet. Cuma saja badannya lebih mungil, sedikit semakin besar dari burung parkit. Type burung lovebird cukup bermacam, silakan saksikan mengetahui type burung lovebird. 

Lovebird disenangi lantaran keindahan bentuk, warna, perilaku serta suaranya. Dengan cara umum langkah menjaga lovebird untuk beragam maksud itu relatif sama. Cuma terdapat banyak kekhususan, umpamanya jika lovebird yang kita punyai mau diasah suaranya. 

Lovebird datang dari lokasi Afrika. Walau demikian, burung itu dapat menyesuaikan dengan baik nyaris di seluruhnya iklim. Di Indonesia yang beriklim tropis serta berhawa lembab, lovebird dapat tumbuh serta berkembang dengan baik. Seandainya langkah menjaga lovebird dikerjakan dengan benar. 

Patokan basic dalam menjaga lovebird yaitu bagaimanakah supaya si burung terus sehat serta bugar. Banyak aspek yang memastikan kesehatan serta kesehatan lovebird. Dari mulai keadaan lingkungan makro seperti iklim serta cuaca, keadaan lingkungan mikro seperti sangkar serta perlengkapannya, type pakan yang didapatkan sampai rutinitas si empunya dalam merawat lovebird

Sangkar untuk lovebird 

Lovebird adalah burung yang lincah serta ceria. Oleh karena itu membutuhkan ruangan yang agak besar untuk mengekspresikan gerakannya. Ada dua type sangkar untuk lovebird, yaitu sangkar berupa silinder serta kotak. Sangkar silinder sedikitnya berdiameter 30-40 cm dengan tinggi 40 cm serta sangkar kotak sedikitnya memiliki ukuran 25x35x40 cm.

Sangkar baiknya terbuat dari besi atau logam. Lantaran lovebird memiliki rutinitas menggigit apa yang ada di sekelilingnya. Jika sangkar terbuat dari bambu atau kayu di kuatirkan bakal rusak serta si burung dapat kabur.

Sangkar itu di beri tangkringan yang terbuat dari kayu bulat. Baiknya permukaan tangkringan dilewatkan kasar, bukanlah hasil bubut. Upayakan tak ada sisi yang tajam untuk tangkringan. Type kayu yang pas satu diantaranya yaitu kayu asam.

Type pakan lovebird 

Lovebird yaitu burung pemakan biji-bijian. Pakan biji-bijian kombinasi yang banyak di jual di market dapat diberikan untuk burung itu. Sedang makanan ekstra fooding-nya dapat berbentuk biji matahari, biji kedelai, kacang merah, kacang hijau serta biji-bijian lain yang banyak di jual di market. Lovebird juga suka pada sayuran serta buah-buahan. Sayuran yang bisa diberikan diantaranya kangkung darat, sawi, jagung muda serta type sayuran yang lain. Buah-buahan yang umum diberikan diantaranya, apel, anggur, pisang, pepaya serta pir.

Lovebird memerlukan konsumsi mineral seperti kalsium serta mikro nutrisi yang lain. Nutrisi itu dapat diperoleh dari asinan seperti tulang sotong. Utama supaya asinan itu senantiasa ada dalam kandang. Biarlah si lovebird mengkonsumsinya saat dia terasa membutuhkannya.
Menambahkan multivitamin dapat diberikan juga sebagai makanan suplemen. Pemberian multivitamin digabungkan pada air minum tiap-tiap satu minggu sekali. Apabila lovebird Anda bakal diikutkan kontes, dapat ditambahkan suplemen penambahan baik saat sebelum ataupun setelah kontes.

Panduan langkah menjaga lovebird umum 

Langkah menjaga lovebird dengan cara umum tak jauh tidak sama dengan menjaga burung lain. Seperti hewan peliharaan biasanya, apabila dirawat dengan kecintaan serta kasih sayang si lovebird dapat “hepi”.

Bila lovebird Anda telah hepi serta tak stres, dia bakal berterimakasih pada si pemiliknya dengan memperlihatkan keceriaan serta nada yang sempurna. Tersebut panduan langkah menjaga lovebird ala Mas Bram, disarikan dari buku pandai burung-burung kicauan.

  • Saat pagi hari jam 7. 00, burung dibawa keluar rumah diangin-anginkan sepanjang 30 menit. Lalu burung dimandikan, dapat disemprot atau memakai keramba, bergantung rutinitas. Bersihkan kandang, check pakan, ubah air serta berikanlah buah atau sayuran fresh. 
  • Sesudah dimandikan burung dijemur sepanjang 30-60 menit. Saat penjemuran yang pas dari jam 8. 00-11. 00 pagi. Sepanjang penjemuran baiknya burung digolongkan atau dipertunjukkan burung sejenis lain. 
  • Sesudah dijemur, gantungkan di teras rumah untuk diangin-anginkan sepanjang 10 menit. Ubah air minum, lantaran air yang sudah terjemur cahaya matahari mutunya tak bagus lagi. Lalu tutup kandang dengan kerodong serta bawa burung masuk. 
  • Dari jam 11. 00 sampai mendekati sore, burung bisa diperdengarkan suara-suara master. 
  • Di sore hari, seputar jam 15. 30 bawa burung keluar untuk diangin-anginkan sepanjang lebih kurang satu jam. Jika memang perlu bisa dimandikan (frekwensi mandi mesti berkelanjutan, dapat satu hari sekali atau 2 x satu hari. Janganlah berubah-ubah). Kontrol pakan serta air minum, berikanlah penambahan sayuran serta buah fresh. 
  • Sesudah melalui jam 18. 00 burung dikerodong kembali. Dapat pula diperdengarkan nada master sampai pagi hari. 
Advertisement
advertisement
Cara merawat lovebird | Fairel Virendra Azzamy | 5

0 komentar:

Post a Comment